contoh pidato

PUASA RAMADHAN
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bapak dewan guru yang kami hormati, temen-teman yang kami cintai.Untuk mengawali jumpa kini pada saat-saat ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat allah SWT. Karena dengan segala anugerah-Nya kita bisa menikmati segala fasilitas, baik berupa kesehatan jasmani maupun rohani, dan juga berupa kenikmatan iman dan islam. Semoga kita termasuk hamba Alloh yang benar-benar iman berkat hidayah-Nya.

Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap terlimpah kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW. Karena beliaulah sebagian utusan hasanah dalam hidup ini, dan patuhlah kita ambil suri tauladannya.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Dalam bulan Ramadhan Allah mewajibkan kita semua untuk berpuasa. Dan kewajiban puasa ramadhan ini hanyalah di tujukan kepada orang-orang beriman. Di samping itu juga Allah mensyariatkan ibadah kepada orang-orang beriman di malam harinya. Maka pada kesempatan yang baik itu haruslah kita gunakan, agar kita benar-benar bisa meraih keberuntungan. Puasa di bulan Ramadhan dan beribadah di malam harinya hendaknya didasari dengan iman dan semata-mata mengaharap ridha Allah semata, agar dosa-dosa yang pernah kita lakukan senantiasa diampuni oleh Allah SWT, sebagai mana seseorang bayi yang baru lahir dari perut ibunya.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Orang-orang yang berpuasa dengan didasari iman dan semata-mata mengharap ridha Allah, maka semua dosa-dosa yang berlalu akan diampuninya. Dengan mengetahui hal semacam ini, mari kita berusaha dengan oftimal melakukan puasa Ramadhan dengan penuh ikhlas agar yang kita lakukan tidak sia-sia tetapi bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Dan di samping itu pula dosa-dosa yang berlalu akan diampuni oleh Allah SWT.

Cukup sampai di sisni jumpa kita melalui mimbar pesantren kilat, semoga membawa manfaat yang kami sampaikan tadi. Billahi taufik walhidayat.

Wassalamu’alaiku Wr.Wb.









PERSAUDARAAN SESAMA MUSLIM
Assalamu’alaikum Wr.Wb

Bapak dewan guru yang kami hormati, teman-teman yang kami cintai. Puja dan puji syukur kita sanjungkan kepada Illahi Rabbi yang telah melimpahkan anugerahnya kepada kita sekalian sehinga pada detik ini kita masih dalam kondisi yang prima.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW. Karena beliaulah yang menyebarkan islam ke penjuru pelosok dunia, sehingga kita mampu membedakan yang haq dan yang bathil berkat hidayah dari Allah SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Semua umat islam tentu saja mendambakan suatu kedamaian, karena dengan kedamaian hidup bisa tenang, makmur, dan juga terjamin dalam melaksanakan berbagai aktifitas. Untuk menciptakkan suasana yang sedemikian ini, maka di butuhkan rasa persaudaraan dan kesatuan umat. Dan rasa bersatu padu bisa terealisasi dalam kehidupan sehari-hari apabila umat islam satu sama lain saling menyayangi, mencintai dan saling mengasihi. Sifat-sifat yang baik semacam itu harus benar-benar kita terapkan mulai dari lingkungan keluarga sampai lingkungan yang luas yakni umat islam di penjuru dunia.

Demikianlah sekilas yang kami bisa sampaikan melalui mimbar pesantren kilat. Mudah-mudahan kita termasuk orang beriman yang saling mencintai dan menyayangi dalam kehidupan sehari-hari. Kurang lebihnya kami mohon ma’af dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

1 komentar:

nasichah mengatakan...

ada contoh pidato yang lebih ...lagi ga?